SURI TAULADAN NABI MUHAMMAD SAW

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahhirobbli alamin wassholatuwassalamu alaa asyrofil anbiya’I wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi ajmain. Amma ba’du

Yang saya muliakan kepala SMKN 1 PASURUAN
Yang saya hormati para dewan guru SMKN 1 PASURUAN
Dan tak lupa kepada seluruh siswa yang saya cinta sayangi.

Marilah kita senantiasa menghaturkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan kita berjuta – juta dan bahkan lebih nikmat dan rahmatnya kepada kita semua sehingga pada hari ni kita bias bertatatp muka dala keadaan sehat wal afiat dalam acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tak lupa sholawat serta salam selalu tercurah pada Nabi akhiruz zaman yakni Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang yakni Islamic religion.

Dalam pidato ini saya akan mengambil tema :

“ SURI TAULADAN NABI MUHAMMAD SAW “

BISMILLAHIRROHMANIRROCHIM

LAQOD KAANA LAKUM FI ROSULLILLAHI USWATUN KHASANATUL LIMAN KAANA YARJULLOHA WAL YAUMAL AKHIRO WADZAKAROLLOHU KATSIRO. ( QS. Al Ahzab : 21)

”sungguh telah ada bagi kalian ( diri, perilaku, dan ucapan ) Rosululloh ( Nabi Muhammad SAW ) panutan yang baik, yakni bagi orang yang mengharap ( Ridho ) Allah SWTdan hari akhir ( Hari Akhir ).”

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa nabi Muhammad SAW adalah seorang manusia yang pantas menjadi panutan atau pedoman bagi kita, karena begitu mulianya beliau dan sangatlah istimewa tak ada yang mampu menandinginya.

Mengapa harus Nabi Muhammad?

Padahal kita ketahui beliau adalah Nabi yang paling terakhir.
Jawabannya adalah karena semuanya kehendak Allah SWT. Hal itu di buktikan dengan terciptanya Nur Muhammad jauh sebelu terciptanya Nabi Adam AS.

Dan saat Nabi Adam pun bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT karena pernah suatu Nabi Adam AS masih tinggal Disurga beliau melihat banyak lafadz Allah Muhammad di dinding surga. Dan Nabi Adam pun berkata Sungguh nama ini adalah kekasih Allah. Karena tak sembarang nama yang ada di dinding surga ini.

Maulid Nabi adalah bukan hanya memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Melainkan juga pada hari dan tanggal yang sama ada 3 kejadian yakni hari lahir, hijrah dan wafat beliau.

Nabi lahir pada tanggal 12 Robiul awal tahun gajah.

Kenapa di sebut tahun gajah?

Karena kaum Quraisy sudah tahu bahwa akan ada seorang pemimpin yang bukan dari golongan mereka yang akan menghancurkan kau mereka maka mereka tak ingin Nabi Muhammad lahir. Maka dari itulah mereka mengerahkan seluruh pasukannya dengan menaiki gajah – gajah yang sangat besar dan jumlahnya pun banyak. Namun allah tak tinggal diam dengan mereka ( kaum Quraisy ). Allah mendatangkan burung fil yang amat banyak dan setiap burung membawa sebutir api neraka yang amat sangatlah panas. Akhirnya merekapun kalah, gajah – gajah yang besar itu mati semua karena terkena api yang dibawa dari neraka itu. Dan kisah inilah Allah menurunkan Surah Al Fil.

Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim. Karena ayahnya wafat semenjak Nabi masih dalam Kandungan. Akhirnya Nabi pun diasuh oleh pamannya yakni Abdul Muthollib.

Pada saat remaja Nabi selalu disakiti oleh kaum Quraisy. Karena tidak terima dengan adanya pemimpin yang bukan dari golngan mereka. Setiap hendak ke Masjid Nabi selalu di ganggu. Ada yang meludahinya, dan juga melemparinya dengan tinja. Sungguh kejamnya mereka. Tapi apa yang terjadi? Nabi hanya diam. Tapi bukan berarti Nabi takut dengan mereka. Hanya karena kesabaran Nabi lah yang menjadikan Nabi tak memberikan balasan ( Innalloha ma’as sobirin ). Malah suat ketika Nabi merasakan suatu yang janggal yakni dalam beberapa hari ini tak ada lagi orang yang melempari Nabi dengan tinja. Ada apa dengan orang itu? Nabi pun mencari tahu tentang dia. Dan akhirnya Nabi mendapati kabar kalau dia sedang sakit. Akhirnya Nabi pun langsung menjenguknya dengan membawakan oleh – oleh yang banyak.orang itupun ketakutan ketika Nabi dating dan meminta maaf kepada Nabi. Nabi memaafkannya dan memberinya oleh – oleh. Seketika itupun orang itu langsung bertaubat dan berima. Subhanallah….

Demikian pidato dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat di ambil hikmahnya. Amien.. tak lupa juga saya meminta maaf bila ada kata – kata yang kurang berkenan karena “ al insane machallul khoto’ wan nisyan “ ( manusia tempatnya luput dan salah ). Akhirl kalam wabillahi taufiq wal hidayah jazakumulloh achsanal jazaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

About these ads

6 responses to “SURI TAULADAN NABI MUHAMMAD SAW

  1. wah mantap juga gan,sebagai orang islam yang selalu memupuk silaturohmi sudinya juga anda berkunjung ke blog saya…terimakasih.

    جَزَاك اللَّهُ خَيْرًا

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s